KENALKAN SEJARAH PERANG BANJAR LEWAT FILM KOLOSAL

AMUNTAI. Untuk memperkenalkan sejarah kepada siswa kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Hulu Sungai Utara (HSU), Guru Sejarah Ahmad Karyawanor mengenalkan sejarah perlawanan rakyat Banjar, diawali dengan memperlihatkan uang kertas pecahan 2 ribu rupiah bergambar pahlawan nasional Pangeran Antasari, Senin (15/01/18). 
 
Berbanggakah kalian, pejuang dari tanah Banjar diakui pemerintah sebagai Pahlawan Nasional dan diabadikan pada uang 2 ribu rupiah, terkenal dengan semboyannya yang membakar semangat rakyat Banjar `Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing` diabadikan sebagai semboyan Provinsi Kalimantan Selatan (Prov. Kalsel),” ungkap Karyawan sembari menerangkan biografi Pangeran Antasari.

Adapun media yang digunakan Karyawan adalah film kolosal Perang Banjar tentang perjuangan rakyat Banjar melawan penjajah Belanda yang ditayangkan menggunakan proyektor. 
 
Materi perang Banjar memang tidak ada dikelas X tetapi saya ingin membangkitkan nilai-nilai perjuangan pahlawan, cinta tanah air dan rasa syukur kepada siswa terlebih pemerintah Prov. Kalsel baru saja merilis film Perang Banjar,” tambah Karyawan usai film selesai.
 
Karyawan juga mengatakan, dengan izin dari guru yang lain, seluruh kelas akan ditayangkan film tersebut dan bagi siswa yang berminat bisa menyalin file film dengan menyerahkan flashdisk.
 
Para siswa terlihat antusias menyaksikan film yang berdurasi 1 jam 34 menit. Salah seorang siswa, Ibrahim mengatakan, beberapa teman memang sudah pernah menonton di tv kabel dan di jejaring sosial.
 
 “Bagi kami yang tinggal di asrama, hilanglah rasa penasaran kami,” katanya.
Ibrahim juga bersyukur film tersebut bisa tayang full sebab ada izin penambahan waktu dari guru yang akan masuk usai 2 jam pelajaran Sejarah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KENALKAN SEJARAH PERANG BANJAR LEWAT FILM KOLOSAL"

Posting Komentar